PEMUDA ADALAH HARAPAN AGAMA DAN BANGSA


Bismillahirrahmanirrahim

Assalaamu’alaikum Wr. Wb

 Alhamdulillah alhamdulillahirabbil alamin wabihi nasta’inu wa ala umuriddunya waddin, Wassalatu wassalamu ala asyrafil ambiyai wal mursalin w ala alihi wasahbihi ajma’in amma baad , asyhadualla ilaha illallahu  wahdahu la syarikalah wa asyhaduanna muhammadan abduhua warasuluh… Allahumma salli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad… pa kade kalallahu ta’ala pi kitabil qarim wahua asdakul qailin ….. auzubillahiminassaytonirrojim bismillahirrahmanirrahim…….

 

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَالسَّلاَمَ:

مَا مِنْ مَوْلُوْدٍ يُوْ لَدُ إِلاَّعَلىَ الفِطْرَةِفَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ

“Anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah,maka orangtuanyalah yang dapat menjadikanya Yahudi, Nashroni, ataupun Majusi”(HR.Muslim)

Dari hadits tersebut, bahwa satu-satunyalah manusia yang bisa membentuk karakter seorang manusia dimasa yang akan datang adalah orang tua, jika orang tuanya mendidik dengan didikan yang buruk maka akan buruk pula hasilnya, sebaliknya jika ia mendidik dengan sebaik mungkin maka ia akan menghasilkan didikannya yang baik pula bahkan lebih daripada itu.

Wakala aidan innallaha wamala ikatahu yusalluna alannabi …. Yaayyuhallazina amanu sallu alaihi wasallimu taslima………

Maasyralmuslimin rahimakumullah…

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayatNya kepada kita sehingga kita bisa berkumpul pada siang hari ini. Sholawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang.

Hadirin yang dimuliakan allah SWT.

      Suatu bangsa akan maju dan memiliki peradaban yang lebih baik dimasa yang akan datang tergantung kepada para pemudanya, jika mereka malas, tidak mau belajar dan bekerja. Maka bagaimana nasib suatu bangsa di masa yang akan datang? Akankah ia maju atau tidak? Tentu jawabannya adalah mustahil dan tidak akan bisa sama sekali. Oleh karna itu, marilah kita bersama-sama mendidik para generasi muda,agar ia mau bangkit untuk belajar dan bekerja, terutama para putra dan putri kita,

Maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan mengangkat sebuah tema yang berjudul “PEMUDA ADALAH HARAPAN DAN BANGSA DAN AGAMA’’.

Dengan demikian kata rasulullah dalam haditsnya bersabda, bahwa orangtuanyalah yang akan merubah dan mewarnai kaehidupan mereka.

Saudara-saudara sekalian

Ketahuilah, seorang presiden dalam sebuah negara bisa dikalahkan oleh para pemuda, jadi intinya janganlah kita menghina para pemuda, karna dalam jiwa para pemudalah tesimpan dan terdapat suatu kekuatan, dimana kekuatan tersebut tidak bisa dikalahkan oleh siapapun. Pemuda beriman adalah penopang utama kebangkitan. Sesungguhnya kekuatan pertama adalah iman dan buah dari iman adalah persatuan sedangkan konsekuensi dari persatuan adalah kemenangan.

Perlu kita ketahui dan kita ingat, bahwa dalam jiwa seorang pemuda terdapat potensi dan super power yang tidak dimiliki oleh siapapun, pemuda selalu memiliki sisi menarik untuk dikaji dan digali,dalam perfektif islam, pemuda menempati posisi tersendiri yang sangat penting,sebab dari para tangan pemudalah berbagai prestasi dan kememenangan diraih. Dari dulu peran pemuda memang sangat penting dalam setiap moment perjuangan dan poencapaian sebuah cita-cita. Dalam setiap pertempuran kaum muslimin yang senantiasa berdiri tegak dibarisan paling depan adalah para pemuda.

Sungguh betapa banyak bukti, bahwa pemudalah yang berhak mendapatkan gelar atau pangkat pahlawan dalam suatu bangsa. Mengapa saya katakan demikian? karna peranan pemuda sangatlah banyak mengkontaminasi dan mewarnai suatu bangsa tersebut. jika, para pemudanya lemah maka akan lemah pula martabat bangsa tersebut, sebaliknya jika para pemudanya kuat, maka akan kuat dan bahkan mencapai derajat paling tertinggi suatu bangsa tersebut. Oleh karna itu, kita sebagai para pemuda, marilah kita bangkit untuk menegakkan kembali martabat bangsa kita ini, yang semakin hari, semakin bertambah keterpurukannya.

Kalau kita mengadakan observasi secara mendalam,sungguh sangat betul apa yang dikatakan oleh rasulullah SAW diatas, bahwa pemudalah yang akan menjadi tonggak penerus atau kader para pemimpin dizaman sekarang, jika para pemudanya dizaman sekarang pada berbuat sesuatu yang negatif, maka bagaimanakah nasib suatu bangsa itu kedepan? Mau dibawah kearah manakah? Ke arah yang lebih baikkah? Atau ke arah yang lebih buruk? Semua pertanyaan ini hanyalah semata dapat dijawab oleh para pemuda.kenapa demikian? Karna pemudalah satu-satrunya yang menggantikan para pemimpin sekarang. Ingatlah! Sadarlah! wahai para penerus bangsa, janganlah kau melakukan perbuatan yang akan merusak citra bangsa, ingalah! bahwa dipundak kaulah terdapat amat yang sangat besar dari orang-orang terdahulu kita, yaitu menjagadan melestarikan bangsa. Bagaimanakah melestarikannya? Tidak ada kata lain, yaitu belajar dan berlajar.

Jika kita sebagai pemuda tidak bisa menjaga amat tersebut, maka kita adalah orang yang hianat dan tidak mensyukuri atas nikmat yang telah Allah berikan, sedangkan apabila kita tidak mensyukuri ni’mat Allah, maka tunggulah adzab Allah SWT yang sangat pedih

Oleh karna itu,marila kita bersama-sama belajar untuk menggapai cita-cita dan masa dapan cerah(madece) bukanya masa depan yang suram(madesu). Masa depan cerah dapat diraih dengan bekerja keras dan berdo’a. Ingatlah! bahwa masa depan seseorang itu ada pada hari sekarang, jika hari sekarangnya buruk, maka masa depannya akan buruk pula;sebaliknya apabila hari ini baik, maka akan baik pula masa depannya.

Kita sebagai pemuda, haruslah mencontoh nabi kita Isma’il AS.Mengapa demikian? karna beliau adalah seorang pemuda yang tangguh. Bagaimana beliau dikatatan pemuda yang tangguh? karna ketika ayahnya nabi Ibrohim menerima perintah dari Allah SWT melalui mimpinya sampai 3 kali agar beliau menyembeleh putranya Isma’il, maka Ismai’l menerimanya dengan rendah hati dan ikhlas, tanpa ada kata “tidak”atau menolak atas perintah tersebut(subhanaallah), disinilah bukti kedudukan seorang pemuda itu lebih tangguh daripada yang lainnya. Oleh karnanya, jika ada seorang pemuda yang loyo tidak ada gairah untuk menggapai masa depan cerah, maka bukanlah pemuda yang hakiki, karna pemuda yang hakiki adalah pemudayang memiliki harapan dan kekuatan untuk agama dan bangsa.

Hadirin yang berbahagia

Seorang pemuda apabila mau dikatakan pemuda yang hakiki,maka haruslah memiliki harapan dan cita-cita untuk membangun agama dan bangsa, karan pemuda adalah harapan agama dan bangsa.

Mohon apabila banyak kesalahan, karna manusia tidak luput dari yang khilaf dan salah.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu

Barakallahu li walakum pilquranil qarim wanapa’ni wa iyakum bima pihi minal ayati wassikril hakim wataqabala minni wa minkum tilawatahu innahu hual gapururrahim ……….

 Khutbah ke-2

Alhamdulillah alhamdulillahirabbil alamin wabihi nasta’in wa ala umuriddunya waddin…

Asyhaduallailaha illallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah ammaba’ad … paya ayyuhannas ittakullaha hakkatukatih walatamutunna illa wa antum muslimmun ….

Paqad’ qalallahu ta’ala piy qitabil karim wahua hasdakul qailin audzubillahi minassaitonirrajim bismillahirrahmanirrahim ….

Innallaha wamalaikatahu yusalluna alannabi , ya ayyuhallazina amanu sallu alaihimu taslima … allahumma salli ala sayyidina Muhammad waala ali Muhammad……. Allahummag’fir  lilmu’minina wal mu’minat wal muslimina wal muslimat………. ahyaiminkum wa ahwat … innaka samiung qaribun mujibu da’wat….

Rabbana hablana min aswajina wasurriayina kurrata ayyun , wajaallna lilmuttqina imama …. Rabbana atina piddunya hasanah wapil akhirati hasanah wakina asabannar ……

Ibadallah…. Innallaha ya’murukum bil ad’li wal ikhsan ……… wa’ iyta izil kurba wayanha anil pahsyai walmunkar  wal bagya ya idzukum lallakum tattakun …… palazikrullahi akbar wallahu ya’lamu ma tasna’un….

Aqimissalah……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s