SUDUT PANDANG DAN SEJARAH AKUNTANSI


Awalnya akuntansi dimulai dengan sistem pembukuan berpasangan di italia pada abad ke 14 dan 15. Sistem pembukuan berpasangan ini dianggap sebagai cikal bakal lahirnya akuntansi. Orang pertama yang mengenalkan akuntansi adalah Luca Pacioli dimana dia mempublikasikan prinsipprinsip akuntansi pada bukunya yang berjudul Summa the arithmetica geometria proportioni et proportionalita.

SUDUT PANDANG KONTEMPORER

Terdapat sejumlah faktor tambahan yang menambah pentingnya mempelajari akuntansi internasional. Faktor-faktor ini tumbuh dari pengurangan signifikan dan terus-menurus hambatan perdagangan pengendalian modal secara nasional yang terjadi sesering kemajuan teknologi informasi. Pengendalian nasional terhadap arus valuta asing, investasi asing langsung dan transaksi terkait, telah diliberalisasikan secara dramatis beberapa tahun terakhir, sehingga hambatan bisnis internasional dapat ditekan. Kemaujuan teknologi informasi menyebabkan perubahan radikal dalam kegiatan ekonomi baik dalam kegiatan produksi maupun distribusi.

PERTUMBUHAN DAN PENYEBARAN OPERASI MULTINASIONAL

Bisnis internasional saat ini semakin berhubungan dengan investasi asing langsung yang meliputi pendirian sistem manufaktur atau distribusi dari luar negri dengan membentuk fasilitas yang dimiliki seutuhnya. Operasi yang lilakukan diluar negri membuat manajer keuangan dan seorang akuntan memiliki resiko barupa semua jenis masalah yang tidak mereka hadapi ketika operasi perusahaan masih berada dalam satu wilayah perusahaan.
Prinsip pelaporan keuangan nasional dapat berbeda secara signifikan dari suatu Negara lain karena prinsi-prinsip akuntansi tersebut dibentuk oleh social ekonomi yan gberbeda. Selain itu terdapat juga perbedaan kurs nilai mata uang yang digunakan dalam pelaporan. Manajer keuangan dan akuntan juga harus memahami pengaruh apa saja yang mempengaruhi pengukuran akuntansi suatu perusahaan multinasional, memahami perubahan yang terjadi misalnya nilai tukar atau inflasi merupakan hal yang sangat penting.

KOMPETISI GLOBAL

Selain faktor-faktor diatas, faktor lain yang yang menyebabkan pentingnya kauntansi internasional adalah fenomena kompetisi global. Penentuan acuan, suatu tindakan untuk membandingkan kenrja suatu pihak suatu standar yang memadai bukan hal yang baru, tetapi standar perbandingan yang digunakan kini melampaui batas-batas nasional adalah sesuatu yang baru.

MERGER DAN AKUISISI LINTAS BATAS

Merger murakan istilah untuk sinergi operasi atau sekala ekonomi akuntansi yang memainkan peranan yang penting dalam mega konsolidasi ini merupakan angka-angka yang dihasilkan akuntansi bersifat mendasar dalam proses penilaian perusahaan. Perhatian utama perusahaan yang akan melakukan akuisisi adalah ketika sedang memberikan tawaran atas target asin adalah sejauh apa faktor earning yang dapat dihasilkan bila dibandingkan dengan hasil dari perbedaan pengukuran akuntansi.

INOVASI KEUANGAN

Manajemen resiko telah menjadi istilah begitu popular dalam lingkungan perusahaan. Dengan deregulasi pasar keuangan dan pengendalian modal yang terus dilakukan, vollatilitas dalam harga komunitas, valuta asing kredit dan ekuitas menjadi hal yang biasa pada saat ini. Berdasarkan kondisi keuangan saat ini manajer keuangan perlu menyadari resiko yang mereka hadapi, memutuskan resiko mana yang perlu dilindungi dan mengevaluasi hasil dari strategi yang diterapkan atau dijalankan. Meskipun kemajuan teknologi memungkinakan pergeseran resiko keuangan ke pihak lain, tetapi beban untuk mengukur resiko antar pihak dapat dialihkan dan sekarang berada di pihak sekelompok besar pelaku pasar yang ada di Negara lain.

INTERNASIONALISME PASAR MODAL

Faktor lain yang turut menyumbangkan perhatian lebih terhadapa akuntansi internasional adalah dikalangan eksekutif perusahaan, investor, regular, pembuat standar akuntansi dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasionalisasi pasar modal di seluruh dunia. Pasar modal dunia melaporkan bahwa perusahaan domestic mencatatkan sahamnya menignkat di beberapa pasar modal dan menurun di beberapa pasar lainnya selama masa-masa decade sekarang ini yang diantaranya disebabkan oleh merger dan akuisis yang juga berakibat pada penghapusan pencatatan saham yang dilakukan beberapa perushaan terkait.

Sudut Pandang Akuntansi
Maret 14, 2010Fakhrurrazy PITinggalkan komentarGo to comments
Pengertian akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang,yaitu pengertian dari sudut pandang pemakai dan sudut proses kegiatannya.
Pengertian dari sudut pandang pemakai
Ditinjau dari sudut pemakainya,akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informsi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi. Informasi yang dihasilkan akuntansi diperlukan untuk:
1. Membuat peerencanaan yang efektif,pengawasan,dan pengambilan keputusan oleh manajemen; dan
2. Pertangungjawaban organisasi kepada para investor,kreditur,badan pemerintah,dsb.
Dari pengertian sudut pandang pemakai dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :
1. Akuntansi diselenggarakan dalam suatu organisasi,biasanya berupa organisasi perusahaan. Informasi akuntansi yang dihasilkan adalah informasi tentang perusahaaan.
2. Informasi akuntansi sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan perusahaan. Yaitu pengambilan keputusan intern dan pihak ekstern organisasi.
Pengertian akuntansi dari sudut proses kegiatan
Dari sudut pandang kegiatannya akuntansi adalah suatu proses pencatatan,penggolongan,peringkasan,pelaporan,dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi. Pengertian ini menunjukan bahwa kegiatan akuntasi merupakan tugas yang kompleks dan menyangkut bermacam-macam kegiatan. Pada dasarnya akuntansi harus :
1. mengidentifikasi data nama yang berkaitan atae relevan dengan keputusan yang akan diambil.
2. Memproses atau menganalisis data yang relevan.
3. Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Sebagai suatu sistem iformasi akuntansi bermanfaat oleh berbagai pihak baik pihak intern dan ekstern. Secara garis besar akuntasi bermanfaat oleh berbagai pihak, yaitu :
1. Manajer
• Seorang manajer menggunakan akuntansi untuk menyusun sebuah perencanaan perusahaannya,mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan,dan melakukan tindakan-tindakan koreksi. Keputusan yang diambil manajer berdasar informasi akuntansi,misalnya : menentukan peralatan apa yang sebaiknya dibeli,berapa persediaan yang harus ada digudang, dan berapa kas yang harus dipinjm dari bank.
2. Investor
• Sebelum melakukan penanaman modal ,seorang investor melakukan evaluasi pendapatan yang diperkirakan akan diperoleh dari investasinya. Ini berarti para investor harus melakukan analisis atas laporan keuangan perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat penanaman modalnya. Setelah menjadi investor mereka melakikan monitoring terhadap perusahan dengan menganalisis laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan melalui berita-berita keuangan dalam berbagai surat kabar dan majalah. Sumber berita keuangan dan surat kabar majalah ini adalah laporan-laporan akuntansi.
3. Kreditur
• Seorang kreditur hanya memberi kredit kepada calon kredit yang dipandang mampu mengembalikan bunga dan mengembalikan uang yang dipinjam. Oleh karena itu seorang kreditur selalu meminta laporan keuangan calon nasabah untuk dinilai.
4. Instansi Pemerintah
• Informasi akuntansi merupakan sumber utama bagi badan pemerintah untuk dapat menetapkan pajak perusahaan atau mengawasi perusahaan.
5. Organisasi nirlaba
• Organisasi yang tidak bertujuan mencari laba seperti yayasan dan organisasi keagamaan. Walau mereka tidak bertujuan mencari laba,namun mereka tetap berurusan dengan keuangan,dan mereka harus mempunyai anggaran,membayar tenaga kerja,membayar sewa,listrik,dll.
6. Pemakai lainnya
• Infirmasi akuntansi diperlukan juga oleh berbagai pihak lain untuk kepentingan-kepentingan lain,misalnya buruh. Para buruh perlu mengetahui informasi laba perusahaan dan informasi keuangan lainnya,hal ini dikarenakan penting bagi buruh untuk meminta kenaikan gaji atau tunjangan-tunjangan lain ditempat mereka bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s